Langsung ke konten utama

STUDI BANDING UKM RISTEK UNIKAL DAN UKM UPII UGM

(Pekalongan 09/06/2024) - Menjadi Host Studi Banding, UKM RISTEK UNIKAL gandeng UKM UPII UGM dan UKM Penalaran se-Karesidenan Pekalongan.

Acara tersebut dihadiri oleh Pembina UKM Ristek Unikal, Bapak Sajuri, S.P. Juga Ketua Umum UKM UPII UGM, Saudara Yohanes Mario Putra. Yang juga mengisi seminar ILP2MI bersama 10 Mahasiswa UKM UPII UGM, Fungsionaris UKM RISTEK UNIKAL, dan seluruh UKM Penalaran se-Karesidenan Pekalongan.

Dimulai dari penyambutan UKM UPII UGM pada malam tanggal 08 Juni 2024 dengan transit Rusunawa Mahasiswa Unikal. Dilanjutkan esok harinya, tanggal 09 Juni 2024, Pelaksanaan Studi Banding dan seminar ILP2MI yang diselenggarakan di ruang Adaro 2 Lantai 7 Gedung F Universitas Pekalongan. Dilanjutkan field trip ke museum batik Pekalongan. Dan ditutup dengan pelepasan di Loby Rusunawa Mahasiswa Universitas Pekalongan.

Keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berfokus pada bidang penalaran dan penelitian di berbagai perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan teknologi. UKM dalam bidang ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan softskill, serta meningkatkan budaya penalaran dan penelitian mereka. Terdapat satu organisasi di Universitas Pekalongan yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penelitian bernama Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dan Teknologi yang disingkat UKM RISTEK. UKM RISTEK adalah unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Universitas Pekalongan dalam bidang pendidikan, penalaran dan penelitian, serta pengabdian masyarakat yang mengkaji permasalahan pada berbagai disiplin ilmu. UKM RISTEK membantu mahasiswa di Universitas Pekalongan yang memiliki minat dalam bidang riset dan teknologi. UKM RISTEK berperan mengembangkan potensi keilmuan mahasiswa dalam mengkaji, meneliti, dan pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan suatu permasalahan sebagai upaya pengembangan ilmu dan teknologi di berbagai bidang ilmu, serta mengedepankan budi pekerti dalam kerangka keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Di Indonesia terdapat sebuah ikatan yang menaungi seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang penalaran dan penelitian. Ikatan tersebut bernama Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia atau biasa disebut dengan ILP2MI. Ikatan ini merupakan wadah untuk menjalin komunikasi antar UKM penalaran dan penelitian di seluruh perguruan tinggi di Indonesia serta menumbuhkan budaya penalaran dan penelitian di kalangan mahasiswa se-Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami dari pengurus UKM RISTEK bermaksud untuk menyelenggarakan seminar dalam acara “Studi Banding UKM RISTEK UNIKAL dan UPII UGM” dengan tema “Peneliti Muda, Semangat Berkarya” yang bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai ILP2MI.

Penulis        : Bahtiar Hanafi Wardana

Editor          : Jauhara Zainun Farah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH ESAI: Membangun Media yang Memanusiakan Manusia

     Penulis: Diki Mardiansyah (Juara 3 Lomba Esai Festival Jurnalistik LPM Suaka UNIKAL 2021)      Media semakin tidak memegang etika jurnalistik dan menuju keadaan yang semakin mengkhawatirkan. Banyak malpraktik di industri media. Profesi wartawan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak jelas, hanya untuk mencari keuntungan pribadi semata. Baik dengan mencari “amplop”, memeras, clickbait, membuat media “abal-abal” yang tujuannya hanya mencari uang, atau menjadikan media memuat berita yang jauh dari nilai-nilai kemanusiaan      Hal itu, saya kira, menjadi pelanggaran kode etik yang sangat serius dan semakin menggejala. Dengan dilanggarnya kode etik jurnalistik itu, implikasinya adalah media tidak mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan karena membuat berita yang tidak berkualitas dan bermutu. Padahal, media menjadi sarana penting untuk menyampaikan pesan tentang kemanusiaan. Sebab, kemanusiaan adalah nilai universal yang dapat menjadi landasan keharmonisan di dalam kehidup

JUKLAK DAN JUKNIS LOMBA KARIKATUR DIES NATALIS LPM SUARA KAMPUS UNIVERSITAS PEKALONGAN 2016

Tema Lomba : “Peran Independensi Media dalam Mempengaruhi Perspektif Publik” KETENTUAN PESERTA LOMBA KARIKATUR Peserta adalah mahasiswa dan pelajar SMA/SMK/sederajat yang berada di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Lomba karikatur dilaksanakan secara on the spot pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2016 pukul 08.00 – 11.00 WIB. Peserta menggunakan pakaian bebas, rapi, dan sopan serta memakai sepatu. Peserta wajib menaati tata tertib dan peraturan yang ada. Peserta wajib melakukan registrasi ulang maksimal 15 menit sebelum acara dimulai. KRITERIA LOMBA Penilaian berdasarkan orisionalitas, kesesuaian dengan tema, dan pesan yang disampaikan. Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA. Hasil karya boleh berwarna atau hitam putih. Juara 1, 2, dan 3 akan ditentukan oleh juri, dan juara favorit akan dipilih melalui suara terbanyak dari panitia. Pemenang berhak mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. TEKNIS LOMBA Peserta wajib membawa alat ga

ADANYA DUGAAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI KAMPUS UNIKAL, SAMPAI MANA PERAN SATGAS PPKS?

  Pekalongan (7/9/2023) - Pada tanggal 18 Juli lalu, dugaan kasus kekerasan seksual berbasis elektronik terjadi. Kalangan mahasiswa Universitas Pekalongan (Unikal) digegerkan dengan temuan kamera tersembunyi di dalam toilet perempuan Gedung A Fakultas Hukum. Menurut laporan yang kami terima, ditemukan sebuah kamera kecil yang diletakkan di tempat sampah dalam toilet dan tertutup plastik. Salah satu mahasiswi yang menemukan kamera tersebut langsung mengambilnya dan menyerahkannya ke pihak yang berwenang. Sementara itu , sembilan hari setelahnya pada tanggal 27 Juli 2023 Universitas P ekalongan telah meresmikan anggota SATGAS PPKS (Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual)  yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Anggota SATGAS PPKS U nikal telah menandatangani pakta integritas pada hari itu juga dan secara resmi diperkenalkan kepada seluruh perwakilan mahasiswa U nikal yang bertempat di A uditorium G edung C U nikal . Pada masa Program Pengenalan Perguruan Ti