Langsung ke konten utama

NASKAH ESAI: Pengaruh Penggunaan Meme Dalam Persepektif Media Sosio-Interaksi Manusia Dan Esensi Filsafat Amour De Soi


sumber foto: cirebonmedia

Penulis: Agung Ramadhan
(Peserta Juara 2 Lomba Esai LPM Suaka UNIKAL)


ABSTRAK
Dalam dunia digital ini, perkembangan humor manusia telah mengalami perubahan. Pada awalnya  humor tersebut dilakukan dalam suatu panggung Komedi atau dalam Media cetak. Namun ketika telah memasuki era Internet, Humor mencapai puncaknya dalam suatu trend yang bernama "Meme".
Asal usul istilah meme sejatinya tidak berasal dari suatu Humor, melainkan berkaitan dengan Biologi. Istilah ini dipopulerkan oleh seorang ahli Biologi ternama yaitu Richard Dawkins. Dawkins dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene(1976) mencoba membuat istilah yang cocok untuk menamai peran gen dalam evolusi, yaitu sebagai replikator. Namun peran gen tersebut digunakan dalam evolusi kultural Budaya yang disebutnya sebagai mimema. Dari istilah Mimema tersebut disingkat menjadi Meme.
Dewasa ini, meme telah mengalami pergeseran makna, yaitu bentuk format foto atau video yang berisi beragam Manusia, hewan dan lain-lainnya dengan tampilan Teks yang jenaka. Dengan kemajuan Media sosial, meme telah menjelma menjadi konsumsi sehari-hari bagi warganet seluruh dunia. Meme  dalam Dunia Maya dapat dibedakan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Classic Memes
2. Dank Memes
3. Wholesome Memes
4. Normie Memes
5. Surreal Memes
Pertama adalah Classic Memes, berupa kumpulan gambar dan teks sederhana. Meme yang disajikan dengan format ini telah digunakan sejak kepopuleran Internet di tahun 2007. Kedua adalah Dank Memes, merupakan meme yang diungkapkan sebagai Ironi atau ekspresi Muak terhadap hal-hal viral yang selalu digunakan oleh warganet. Pengguna yang menggunakan format ini biasanya menunjukkan kelelahan akan Hal-hal viral tersebut. Kemudian, Wholesome memes. Digunakan sebagai dukungan dan support terhadap warganet. Wholesome memes selalu diikuti oleh gambar-gambar lucu dan Imut yang menandai kesan semangat. Selanjutnya adalah Normie Memes, dapat merujuk kepada seseorang ataupun format meme yang menunjukkan lelucon yang standar atau normal. Bahkan mereka enggan mengikuti hal yang tampil beda dan cenderung mengikuti Arus Warganet. Dan terakhir adalah surreal Memes. Meme ini begitu sedikit peminatnya dikarenakan dibutuhkan beberapa referensi untuk memahami maksud dari meme ini.

ANALISIS MASALAH MEME DALAM PERSPEKTIF MEDIA SOSIO-INTERAKSI MANUSIA
Penggunaan meme oleh warganet membawa 2 dampak utama dalam kehidupan manusia. Yaitu kebaikan atau Keburukan. 
Cobalah kita lihat takdir seorang insinyur listrik asal Hungaria yang bernama András Arató. Dirinya merupakan tokoh terkenal dibalik sebuah stok foto yang bernama "Harold Hide the Pain .” Dalam foto tersebut dirinya tampak memiliki wajah yang tak begitu nyaman dan seperti mencoba menyembunyikan Kepedihan Hati. Meme tentang dirinya langsung terkenal di Internet bahkan Dirinya pun tak menyangka bahwa foto tersebut akan menjadi Viral di Internet. Setelah Viralnya meme tersebut, sebuah  website di Internet yang bernama Dugout.com berhasil mewujudkan mimpinya menonton pertandingan tim kesayangannya yaitu Manchester city di Etihad stadium. Harold mengungkapkan bahwa pada awalnya dia merasa kesal bahkan istrinya pun marah karena suaminya dijadikan sebagai meme. Tetapi setelah dirinya terkenal, banyak para jurnalis yang mencarinya dan melakukan kontrak komersial dengannya. Penghasilannya pun bertambah hingga akhirnya dia dijadikan sebagai Figur wajah Kesehatan Mental Hungaria. Dirinya mengatakan bahwa dia bersyukur atas kejadian yang menimpanya. Istrinya pun telah berubah pikiran dan juga menyetujui Dirinya sebagai figur terkenal di Internet.

Berbanding terbalik kondisinya dengan Harold. Seorang model asal Tiongkok yang bernama Haidi Yeh harus menelan pil pahit setelah dirinya menjadi bahan olok-olokan di dunia Maya. Hal ini terjadi ketika dirinya ditawarkan menjadi sebagai model untuk Iklan operasi plastik bersama seorang pria dan 3 orang anak. Dalam iklan tersebut ditulis pesan bahwa "yang perlu dikhawatirkan adalah bagaimana caranya menjelaskan kepada anak-anak." Setelah beberapa hari iklan tersebut dimuat, muncul sebuah meme dengan judul "You can't hide it Forever" yang menunjukkan seolah-olah  Haidi Yeh telah melakukan operasi plastik dan memiliki anak yang tidak mirip dengannya. Dirinya mengungkapkan kesedihannya bahwa meme itu dianggap Benar oleh Warganet  bahkan ditulis dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Semenjak viralnya meme tersebut, dirinya mendapat kesulitan sebagai model, penghasilannya menurun hingga kekasihnya pun pergi meninggalkan wanita malang ini karena rumor yang beredar di masyarakat. Haidi Yeh mengungkapkan kepada media bahwa dirinya sungguh tak tahan dan depresi ketika kembali melihat foto itu.

Dari 2 masalah ini saja kita dapat melihat bahwa meme yang populer di tengah warganet dapat menjadi Pisau bermata dua. Meme dapat membawa keberkahan tetapi dapat juga menjadi kemalangan. Perkembangan masalah di atas bukan hanya disebabkan oleh warganet saja, melainkan Media juga menjadi andil besar bagi perkembangan Jagat dunia Maya. Dikutip dari penulis termasyur asal India, George orwell menyatakan bahwa manusia yang dituangkan dalam karakter Winston smith, seorang tokoh fiksi yang mencoba meyakinkan dirinya terhadap Kebenaran yang media Hadirkan. Hal ini tak ubahnya dengan manusia sekarang yang cenderung memercayai langsung suatu berita tanpa melakukan Verifikasi. Berita Palsu telah menjadi hal yang umum bahkan Media pun telah disalahgunakan untuk kepentingan Pribadi dan Politik.

Apalagi sejak Pemilihan presiden 2019, Tensi politik Indonesia begitu memuncak baik di dunia nyata maupun dunia Maya. Berbagai senjata digunakan untuk menjatuhkan pihak lawan politik. Tak terkecuali meme. Meme yang berkembang di Internet di gunakan untuk menurunkan pamor politik dan menebarkan kebencian. Oleh sebab itu, Independensi media sangat dibutuhkan dalam menyaring berbagai Informasi, tak terkecuali meme yang awalnya sebagai sarana Humor, telah menjadi alat Agitasi Politik.

BERKACA DARI FILSAFAT AMOUR DE SOI
Meme yang humoris di jagat dunia Maya telah berubah menjadi alat Agitasi Politik. Dan juga meme telah berkembang menjadi Alat Perkembangan Popularitas Sosial. Dalam kehidupan sosio-Interaksi manusia, Banyak para aktris dan Aktor terkenal atau tokoh Boyband girlband bukan sebagai bentuk agitasi politik, melainkan sebagai bentuk pengidolaan dan kesukaan terhadap Figur tersebut. Tanpa disadari kita telah menghilangkan suatu sikap yang bernama Amour de Soi atau Mencintai diri sendiri. Istilah Amour de Soi dikenalkan oleh filsuf Jean Jacques Rousseau. Dia menjelaskan bahwa manusia melihat tokoh Idola sebagai Panutan Utama dan mencoba melakukan "Perfectibility" atau melakukan Peniruan jati diri. Perfectibility ini pun mencoba membuang 2 Sifat manusia yaitu Penjagaan Diri dan Belas kasihan. Semakin ingin kita meniru tokoh tersebut, semakin besar rasa kita untuk membuang Penjagaan diri dan Belas kasihan terhadap diri. Meme mencoba mengiklankan tokoh-tokoh figur terkenal dan mengajak masyarakat secara halus menjadi seperti tokoh-tokoh tersebut. Padahal sejatinya kita harus menjadi diri sendiri, Hidup dengan Nilai-nilai diri dan mencoba mencintai diri sendiri tanpa Harus mengikuti standar yang telah media gembar-gemborkan. 


KESIMPULAN
Meme telah menjadi sarana Media untuk menguatkan kekuatan mereka. Meme yang tengah ramai di masyarakat hadir sebagai Penyembuh depresi dan humor jenaka. Tetapi di sisi lain, meme juga dapat menjadi petaka dan Agitasi Politik. Meme mungkin dapat menghibur kita, tetapi janganlah lupa bahwa kehidupan yang sejati menanti kita. Hiburan dalam hidup memang perlu, tetapi jika kehidupan hanya diisi oleh Hiburan, kapan kita seriusnya?


DAFTAR PUSTAKA
Dawkins, Richard. 1976. The Selfish Gene. Oxford Press University: United Kingdom
Orwell, George. 1949. 1984. Secker & Warburg: London
Rousseau, Jean-Jacques. 1775. Discourse on the Origin and Basis of Inequality Among Men. Library of Alexandria: Miami
https://knowyourmeme.com/
https://dugout.com/mancity/hide-the-pain-harolds-football-tour-man-city
https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/news/amp/world-asia-34568674


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH ESAI: Membangun Media yang Memanusiakan Manusia

     Penulis: Diki Mardiansyah (Juara 3 Lomba Esai Festival Jurnalistik LPM Suaka UNIKAL 2021)      Media semakin tidak memegang etika jurnalistik dan menuju keadaan yang semakin mengkhawatirkan. Banyak malpraktik di industri media. Profesi wartawan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak jelas, hanya untuk mencari keuntungan pribadi semata. Baik dengan mencari “amplop”, memeras, clickbait, membuat media “abal-abal” yang tujuannya hanya mencari uang, atau menjadikan media memuat berita yang jauh dari nilai-nilai kemanusiaan      Hal itu, saya kira, menjadi pelanggaran kode etik yang sangat serius dan semakin menggejala. Dengan dilanggarnya kode etik jurnalistik itu, implikasinya adalah media tidak mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan karena membuat berita yang tidak berkualitas dan bermutu. Padahal, media menjadi sarana penting untuk menyampaikan pesan tentang kemanusiaan. Sebab, kemanusiaan adalah nilai universal yang dapat menjadi landasan keharmonisan di dalam kehidup

JUKLAK DAN JUKNIS LOMBA KARIKATUR DIES NATALIS LPM SUARA KAMPUS UNIVERSITAS PEKALONGAN 2016

Tema Lomba : “Peran Independensi Media dalam Mempengaruhi Perspektif Publik” KETENTUAN PESERTA LOMBA KARIKATUR Peserta adalah mahasiswa dan pelajar SMA/SMK/sederajat yang berada di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Lomba karikatur dilaksanakan secara on the spot pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2016 pukul 08.00 – 11.00 WIB. Peserta menggunakan pakaian bebas, rapi, dan sopan serta memakai sepatu. Peserta wajib menaati tata tertib dan peraturan yang ada. Peserta wajib melakukan registrasi ulang maksimal 15 menit sebelum acara dimulai. KRITERIA LOMBA Penilaian berdasarkan orisionalitas, kesesuaian dengan tema, dan pesan yang disampaikan. Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA. Hasil karya boleh berwarna atau hitam putih. Juara 1, 2, dan 3 akan ditentukan oleh juri, dan juara favorit akan dipilih melalui suara terbanyak dari panitia. Pemenang berhak mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. TEKNIS LOMBA Peserta wajib membawa alat ga

Kemampuan Berbahasa Anak Menentukan Kecerdasan Anak, Benarkah Begitu?

     Secara etimologi, kata bahasa berasal dari bahasa Sansekerta yaitu bhāṣā yang berarti kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Dalam pedoman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa memiliki pengertian yaitu suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Di pengertian lainnya menyebutkan, bahasa adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan seseorang disimbolisasikan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain. Bahasa mencakup segala bentuk komunikasi, baik yang diutarakan dalam bentuk lisan, tulisan, bahasa isyarat, bahasa gerak tubuh, ekspresi wajah, ataupun seni.      Nah, kalian tahu nggak sih , bagaimana cara seorang anak memperoleh bahasa pertamanya? Seorang anak memperoleh bahasa pertamanya melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Tidak hanya dengan orang tuanya atau orang d