Langsung ke konten utama

MALAM INAGURASI PUNCAK PROPPERTI 2022, MAHASISWA NON MABA MENUNTUT BERGABUNG DALAM ACARA

 MALAM INAGURASI PUNCAK PROPPERTI 2022, MAHASISWA NON MABA MENUNTUT BERGABUNG DALAM ACARA


     Pekalongan, (04/09/2022) – BEM Universitas Pekalongan mengakhiri serangkaian acara PROPPERTI (Program Pengenalan Perguruan Tinggi) dengan malam inagurasi. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan bintang tamu DJ Jono Joni yang digandrungi oleh sebagian besar mahasiswa. Malam inagurasi ini bertempat di halaman Rusunawa Universitas Pekalongan dan berlangsung sejak pukul 19.00 hingga 21.47 WIB. Puncak acara PROPPERTI ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa baru Universitas Pekalongan dan delegasi ormawa.
    Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh tim redaksi, peserta acara malam inagurasi hanyalah mahasiswa baru dan tidak terbuka oleh umum. Namun, beberapa mahasiswa aktif yang mengetahui hal itu merasa tidak adil karena tidak diperbolehkan untuk masuk dan menikmati acara.
    Mahasiswa aktif merasa kecewa karena tidak diperbolehkan masuk. Larangan tersebut beralasan karena ditakutkan akan membuat kerusuhan dan overload tempat.
    “Acara ini adalah acara inagurasi dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, dulu inagurasi mahasiswa angkatan lama sudah dilaksanakan walaupun masih pandemi dan tidak dilaksanakan secara offline. Acara ini akan diprioritaskan untuk mahasiswa baru” – ungkap salah satu petugas keamanan inagurasi.
     Mahasiswa baru juga mengatakan, “Hari ini seru banget cuman dari saya sendiri kurang tidur karena berangkat subuh dan sering pulang sore dan waktu hari kedua PROPPERTI universitas saya merasa kelelahan dan panas banget karena tempat kurang kipas angin yang memadai”– jelas Novita mahasiswa baru FKIP.
     Sementara itu saat acara sedang berlangsung para mahasiswa aktif yang masih menunggu izin dari panitia agar bisa masuk mencoba menerobos pintu gerbang yang dijaga oleh petugas keamanan. Pintu gerbang sempat terdorong beberapa kali dari luar.



     Mempertimbangkan kondisi semakin tidak terkendali dan ada beberapa mahasiswa baru yang masih ada diluar pintu, akhirnya panitia mengizinkan mahasiswa aktif dan mahasiswa baru untuk masuk. Selanjutnya, agar dapat menikmati acara malam inagurasi mahasiswa harus bisa memenuhi syarat menunjukan kartu tanda mahasiswa.
 “Pertimbangan yang pertama kenapa mahasiswa aktif tidak diperbolehkan masuk karena kita menghindari caos yang terjadi pada saat inagurasi sebelumnya, seperti di tahun 2019 kemarin. Alasan kenapa dari kami akhirnya membuka untuk mereka ditakutkan teman-teman yang tidak bisa masuk malah caos di luar dan kita semua tidak bisa kontrol” – ujar Cecep selaku Ketua Pelaksana Inagurasi PROPPERTI Universitas.
    Kehadiran mahasiswa saat inagurasi tidak lupa untuk mengundang mahasiswa lain yang menjadi salah satu bagian dari ormawa dan UKM baik di tingkat universitas maupun fakultas. Akan tetapi, delegasi yang diundang oleh panitia penyelenggara dibatasi perwakilan 2 orang di setiap ormawa yakni ketua dan wakil. Adapun delegasi yang ditunjuk tersebut tidak diperbolehkan  dimandatkan oleh anggotanya.
  “Kami meminimalisir hal-hal yang tidak terduga, harapannya acara ini berjalan dengan sukses. Ketika delegasi untuk ormawa tidak diwajibkan ketua dan wakil dan bisa bebas siapapun yang hadir delegasi, takutnya disalahgunakan” – Ujar Lailul selaku Presiden Mahasiswa UNIKAL.
    Ketua Senat Mahasiswa Universitas Pekalongan juga menambahkan perizinan dari kampus tidak begitu sulit.
“Jika Perizinannya dipersulit, maka acara seperti ini tidak bisa terselenggarakan. Hal yang terpenting adalah acara berlangsung dengan kondusif dan aman” – Ungkap Manarul Hidayat selaku Ketua Sema Unikal.
  Kegiatan Inagurasi PROPPERTI Universitas merupakan acara puncak dalam PROPPERTI yang berisi penampilan-penampilan dari guestar DJ Jono Joni dan UKM Musik serta Seni di Universitas Pekalongan. Acara malam inagurasi tidak berlangsung begitu lama. Tentu harapan dari berbagai pihak acara malam inagurasi dapat membuat kesan yang baik untuk mahasiswa baru dan dapat memberikan kesan positif bagi mahasiswa aktif lainnya yang mungkin merindukan acara-acara seperti ini.


Penulis : Shofwatul Fu’adah
Reporter : Dani Alfin, Ihsan, Agus Ryan, Zidan, Nashir
Fotografer : Mizanul Ihsan
Editor : Muhammad Addi Syirfan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH ESAI: Membangun Media yang Memanusiakan Manusia

     Penulis: Diki Mardiansyah (Juara 3 Lomba Esai Festival Jurnalistik LPM Suaka UNIKAL 2021)      Media semakin tidak memegang etika jurnalistik dan menuju keadaan yang semakin mengkhawatirkan. Banyak malpraktik di industri media. Profesi wartawan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak jelas, hanya untuk mencari keuntungan pribadi semata. Baik dengan mencari “amplop”, memeras, clickbait, membuat media “abal-abal” yang tujuannya hanya mencari uang, atau menjadikan media memuat berita yang jauh dari nilai-nilai kemanusiaan      Hal itu, saya kira, menjadi pelanggaran kode etik yang sangat serius dan semakin menggejala. Dengan dilanggarnya kode etik jurnalistik itu, implikasinya adalah media tidak mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan karena membuat berita yang tidak berkualitas dan bermutu. Padahal, media menjadi sarana penting untuk menyampaikan pesan tentang kemanusiaan. Sebab, kemanusiaan adalah nilai universal yang dapat menjadi landasan keharmonisan di dalam kehidup

JUKLAK DAN JUKNIS LOMBA KARIKATUR DIES NATALIS LPM SUARA KAMPUS UNIVERSITAS PEKALONGAN 2016

Tema Lomba : “Peran Independensi Media dalam Mempengaruhi Perspektif Publik” KETENTUAN PESERTA LOMBA KARIKATUR Peserta adalah mahasiswa dan pelajar SMA/SMK/sederajat yang berada di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Lomba karikatur dilaksanakan secara on the spot pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2016 pukul 08.00 – 11.00 WIB. Peserta menggunakan pakaian bebas, rapi, dan sopan serta memakai sepatu. Peserta wajib menaati tata tertib dan peraturan yang ada. Peserta wajib melakukan registrasi ulang maksimal 15 menit sebelum acara dimulai. KRITERIA LOMBA Penilaian berdasarkan orisionalitas, kesesuaian dengan tema, dan pesan yang disampaikan. Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA. Hasil karya boleh berwarna atau hitam putih. Juara 1, 2, dan 3 akan ditentukan oleh juri, dan juara favorit akan dipilih melalui suara terbanyak dari panitia. Pemenang berhak mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. TEKNIS LOMBA Peserta wajib membawa alat ga

Lulus Itu Pasti, Cumlaude Itu Pilihan

Lulus Itu Pasti, Cumlaude Itu Pilihan Universitas Pekalongan berhasil menyelenggarakan acara wisuda ke-44 dan peresmian Gedung F sebagai gedung termegah dan tertinggi, Sabtu 19/3. Gedung tersebut diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Sebanyak 392 mahasiswa menjalani upacara wisuda,12 di antaranya berhasil menjadi Mahasiswa Terbaik tahun 2016 ini dengan predikat cumlaude .          Salah satu Mahasiswa yang berhasil meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90 tersebut adalah Dhurotul Khamidah (0610051212) dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Pendidikan Matematika. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa dan BEM FKIP   Universitas Pekalongan periode 2014-2015 itu menuturkan kendala yang paling sering dihadapi adalah perihal manajemen waktu. Kapan waktu untuk belajar dan waktu untuk berorganisasi harus diatur dengan baik kalaupun sulit. Sedangkan kiat-kiat